Begini Cara Menghilangkan Karat dari Pagar Besi di Rumah

Memiliki pagar besi tempa yang besar dan terpadu dengan tampilan eksterior adalah cara yang megah untuk menambah karakter sebuah rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan pagar besi yang megah itu bisa menjadi berkarat, sehingga mengurangi tampilannya. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghilangkan karat dari pagarmu sesegera mungkin, karena selain tidak sedap dipandang, hal itu juga dapat merusak pagar pada tingkat struktural.

Untungnya, menghilangkan karat adalah pekerjaan mudah yang dapat kamu lakukan sendiri, tanpa memerlukan bantuan tukang. Dilansir dari Central Fence Co, Rabu (10/3/2021), berikut ini langkah-langkah dalam mengatasi karat yang muncul pada pagar besi di rumahmu. 1. Bersihkan seluruh bagian pagar Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan seluruh bagian pagar, tidak hanya pada area yang berkarat.

1. Bersihkan seluruh bagian pagar

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan seluruh bagian pagar, tidak hanya pada area yang berkarat. Dengan cara ini, kamu akan mendapatkan tampilan yang lebih seragam, dan kamu akan melindungi area pagar yang tidak berkarat dari kerusakan di masa mendatang.
Ada beberapa cara untuk membersihkan pagar berkarat, opsi yang paling populer adalah menggunakan amplas besi, sikat kawat, dan sabut baja. Pastikan kamu membersihkannya dengan benar, sehingga karat tidak lagi terlihat. Penting untuk membersihkan semuanya, bukan hanya lapisan luarnya saja. Setelah karat hilang, gosok dan ratakan seluruh bagian pagar.

2. Aplikasikan penetral karat

Bahkan pekerjaan pengamplasan terbaik tidak dapat menghilangkan semua partikel karat yang mungkin ada. Untuk memastikan kamu sudah menyingkirkan semua karat, seka pagar dengan campuran air lemon dan cuka putih 1 banding 1. Diamkan larutan menempel di pagar selama 1 jam, lalu bilas dengan air sabun. Ini akan menetralkan karat yang tersisa untuk memastikan bahwa kamu tidak akan mengalami masalah dalam waktu dekat.

See also  Cara Menempelkan Hiasan Poster agar Awet dan Tidak Merusak Dinding

3. Cat pagar dengan produk tahan karat

Gunakan primer dan cat yang dibuat khusus untuk menahan karat. Dalam hal ini kamu mungkin perlu mengaplikasikan beberapa lapis. Pastikan untuk membiarkan setiap lapisan mengering sebelum mengaplikasikan yang baru, ini bisa memakan waktu hingga 4 jam. Gunakan cat yang berkualitas, sehingga itu akan benar-benar melindungi pagarmu dan membantu mencegah karat kembali.

Sumber : Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *