Daftar Ukuran dan Berat Besi Beton yang Sesuai Dengan SNI

Bangunan yang lebih tahan lama akan menghemat biaya perawatan, sehingga efisien pula dalam hal biaya. Bangunan juga akan lebih susah untuk dihancurkan karena struktur kekuatannya tinggi. Besi beton sendiri terdiri dari dua jenis berikut ini.

1. Besi beton polos
Besi beton polos memiliki tekstur yang berbeda dari besi beton jenis lain. Permukaan besi beton polos lebih licin dan mulus. Bentuk dari besi beton polos memiliki bentuk bundar dan mulus. Jenis ini lebih mudah ditemui di banyak toko dan banyak dijual secara eceran. Selain mudah ditemui, besi beton juga memiliki harga yang lebih murah. Besi beton polos mudah dibengkokan dan memiliki sifat yang lentur. Tekanan yang dapat ditahan oleh besi beton adalah 240 Mpa.

2. Besi beton ulirBesi beton ulir memiliki bentuk berbeda dengan besi beton polos. Besi beton ulir memiliki sirip-sirip di permukaannya. Bentuk sirip-sirip pada besi beton ulir tidak universal, tapi berbeda-beda tergantung dari produsen yang menyediakan. Berbeda dengan besi beton polos yang bisa dijual eceran, namun besi beton ulir hanya bisa dijual secara volume besar. Besi ini susah untuk dibengkokan dan memiliki daya tahan sebesar 400 Mpa.

Di Indonesia sendiri, tersedia bermacam-macam besi sesuai ukurannya. Oleh karena itu, ada suatu standar ukuran berat dan besi beton yang sudah diterapkan secara khusus di SNI (Standar Nasional Indonesia). Standar ini dibuat karena adanya produsen yang membuat besi beton dengan ukuran yang tidak sesuai, sehingga dapat berdampak buruk pada bangunan yang didirikan nantinya. Simak di bawah ini untuk mengetahui ukuran dan berat besi beton polos dan ulir yang sesuai dengan SNI.

See also  Perbandingan Konstruksi Plat Lantai Sistem Double Wire Mesh dengan Half Slab

Tabel Ukuran dan Berat Besi Beton Polos

Tabel Ukuran dan Berat Besi Beton Ulir

Itulah dia tabel berat besi beton yang dapat Anda jadikan panduan. Menghitung berat besi beton kini dapat Anda lakukan dengan mudah dengan membaca tabel ukuran dan berat besi beton. Dengan mengetahui berat besi beton yang Anda butuhkan, Anda kemudian dapat membeli besi beton sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, dengan dapat membaca tabel berat besi beton, Anda dapat memastikan kalau Anda hanya akan medapatkan besi beton dengan standar SNI (Standar Nasional Indonesia).


Berminat untuk membeli produk kami? Bisa langsung hubungi kontak kami https://wa.me/6281211575588 atau klik link disini.

1 thought on “Daftar Ukuran dan Berat Besi Beton yang Sesuai Dengan SNI”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *